PENTINGNYA PENYULUHAN IBU HAMIL

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pakembaran Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang, melakukan kunjungan kerja ke Posyandu Desa di dusun Manis RT 005/001.

Kunjungan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan oleh Ketua TP PKK berupa penyerahan makanan tambahan untuk ibu hamil, makanan tambahan bayi dan Program Senam Hamil.

Dalam kegiatan itu, PKK Desa pakembaran berharap dengan ada Penyuluhan tersebut dapat menurunkan Resiko Tinggi ibu Hamil, karena menurut dia, masih banyak ibu-ibu yang berusia produktif yang akan hamil dan melahirkan.

Untuk itu, ia meminta agar ibu-ibu yang hamil, ketika melahirkan harus ditangani dan dibantu oleh tenaga kesehatan.

“Sebagai ibu yang akan melahirkan bahkan sesuai dengan tahapannya yaitu menyusui dan seterusnya yang terutama harus sehat dan berbahagia, serta memahami bahwa kehamilan ketika pada saat melahirkan harus ditangani dan dibantu oleh tenaga kesehatan,” ungkapnya.

“Pertama saya berharap semua melahirkan di prasarana kesehatan yang tujuannya adalah apabila terjadi kasus khusus dimana ibu-ibu melahirkan terjadi kesulitan tertentu maka bidan akan memberikan rujukan ke Puskesmas atau di rujuk lagi ke rumah sakit umum daerah,” terangnya SEPTIANA FRIDA Selaku Bidan Desa.

Selain itu, lanjut dia, terkait penyebaran penyakit Difteri yang penyebabnya adalah seorang bayi sampai balita yang tidak lengkap imunisasinya, ia menyarankan para ibu-ibu untuk mengaktifkan KMS yaitu Kartu Menuju Sehat.

“Apabila anak sehat mudah-mudahan anaknya menjadi anak yang pintar. Jangan  ragu datang ke Posyandu kalau sudah ada pembagian makanan tambahan buat bayi. Setiap bulan harus datang, paling tidak ibu-ibu yang baru melahirkan,”tekannya.

 

Penulis Herry Setiawan

Admin Desa Pakembaran Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*